02 Februari 2012

Koneksi Internet Dengan Modem Handphone


Berikut settingan beberapa provider mulai GSM dan CDMA:
Persiapan
A.  Peralatan yang diperlukan:
1.    Sebuah HP yang support GPRS dan sudah bisa koneksi dengan GPRS.
2.    SIM Card.
3.    Personal Computer/Laptop.
4.    Perangkat koneksi, dari HP ke PC/Laptop. Boleh pakai kabel data, bluetooth, atau IrDA (Infrated Data Adapter). Berikut dengan drivernya yang sudah di Install, pokoknya sudah bisa kirim-kiriman antara PC/Laptop dengan HP.
5.    Tancapkan handphone yang sudah aktif GPRS­-nya (pastikan kondisi on) dengan kabel data ke USB PC/Laptop anda. Bila file driver telah ada di PC/Laptop maka secara otomatis akan mendeteksi dengan sendiri, bila tidak lakukan penginstallan driver secara manual.

B.   Setting Modem
Start – Control panel – Phone and modem Options, akan muncul daftar modem yang sudah terdeteksi oleh PC/Laptop beserta port-nya bisa com2, com7, dsb. Bila sudah ada berarti sudah terseteksi, bila belum bisa dipastikan salah satu settingan belum lengkap, periksa kabel data dan hidupkan handphone anda.
Untuk memastikan koneksi antara PC/Laptop dengan Handphone secara manual, silahkan sorot nama modem anda lalu pilih properties, di tab general akan tertera nama modem handphone anda, lalu pilih diagnogtics lalu query modem, bila tertera success berarto komunikasi oke.
Silahkan lihat bagian tab advanced, lalu dibagian extra setting masukkan kode dibawah ini: (lalu oke)
Kode extra setting
   AT+CGDCONT=1,IP, Acces poin name operator.
Sebagai catatan: access poin name merupakan variabel yang senantiasa bisa berubah, kita sesuaikan dengan kartu HP yang kita pakai.
Contoh: anda memakai kartu im3 sebagai kartu HP yang anda gunakan sebagai modem HP, maka settinganya kan jadi sbb:
AT+CGDCONT=1,IP, www.indosat-im3.net.

C.  Melakukan koneksi/membuat dial up:
1.    Buka control panel.
2.    Pilih network connections
3.    New connections wizard.
4.    Ikuti langkah-langkahnya dengan menekan tombol next
5.    Untuk connection type, pilih connect to the Internet
6.    Getting ready, pilih set up my connection manually
7.    Internet connection name/isp name, isikan nama terserah anda.
8.    Pada phone number to dial, isikan *99***1#
9.    Pada dialog pengisian username dan password, sesuaikan dengan setting kartu anda. Jika menggunakan im3, usernemenya gprs dan passwornya im3
Catatan: angka 1 di dalam settingan dial number silahkan disesuaikan dengan banyaknya koneksi internet yang ada di PC/Laptop.
Untuk kartu im3, fasilitas GPRS-nya otomatis aktif saat kartunya diaktifkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buat yang kepengen komentar, silahkan tulis nama, situs, dan email. nama situs terserah sobat-sobit aja, mw situs fb, blog, website. yaa maklumlah penulis belum sempat menambahkan gadget komentar yg paling umum digunakan soalx masih sementara gua pelajari sobat-sobit. hehehehe....